cintaquran

 

Senin, 05 Maret 2012

10 Tips Menghafal Al-Quran dengan Cepat

0 komentar
Asalamu'alaikum Ikhwan/Akhwat fillah...
Bagi kawan-kawan yang  ingin punya target menghafal Al-Quran dengan cepat disini ada beberapa tips, Insya Allah kalau diamalkan bakal bermanfaat banget.

Tips biar kita mudah menghafal Al-Quran buanyyyyak banget cuma di sini saya cuma mencantumkan beberapa saja diantaranya:

1. Niat yang Kuat
Apa itu niat...?? niat adalah tekad, atau bisa disederhanakan lagi yaitu keinginan yang mendasar dari dalam diri kita. Apakah hanya keinginan? ohh tidak kawan, selain keinginan niat harus kita luruskan karena Allah semata. "maksudnya? "ya... kita punya motivasi lain, niat ini kita dasarkan untuk kebutuhan kita kedepan, misalnya untuk targetan masuk Universitas Al-Azhar atau Universitas lainnya, akan tetapi tetap harus istiqomah niatnya karena Allah.

2. Dalam Keadaan Suci
Waahh Suci seperti apa ya..? Suci disini dalam arti kita terlepas dari hadas kecil maupun besar, bagai mana caranya..?salah satunya dengan berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil, seperti yang terdapat didalam Al-Quran "Layamasuhu Ila Mutoharun"  itu tercantun di jilid-jilid Al-Quran biasanya.
                                           Artinya: "Janganlah menyentuh-Nya (Al-Quran) kecuali orang-orang yang  
                                                         suci   (dalam keadaan suci)"
Nahh maksudnya suci disini ternyata tidak hanya untuk shalat tapi untuk menghafal Al-Quran juga ya..... cuma tidak diwajibkan karena ada sebagian Ulama juga yang memperbolehkan membacanya tidak harus berwudhu dulu, cuma akan lebih afdol jika kita terlepas dari hadas.

3.Tentukan Surat yang Akan Dihafal
Dengan menentukan surat yang akan kita hafal maka kita akan mudah mengingat, dengan catatan harus berkala, jangan sampai diacak harus sistematis dari ayat 1,2,3..... dan seterusnya.

4. Punya Targetan
Waahh harus serius donk...?? Ya Tidak harus terlalu serius sampai bikin kita ngantuk, enjoi saja tapi tetap disiplin. Maksud targetan disini sebagai bahan motivasi kita untuk memberi waktu terhadap hafalan kita agar waktu yang digunakan tidak sia-sia, misalnya dalam jangka waktu satu bulan, kita mau menargetkan berapa Juz, kalau dihitung biasanya per Juz itu sekitar 8-9 lembar, jika kita targetkan dalam 1 hari 4 lembar hafalan, maka dalam jangka waktu 1 bulan kita sudah menghafal setengh Juz dari Al-Quran, berarti dalam jangka waktu 2 bulan kita sudah hafal 30 Juz donk..??,,,emm hebatkan. Tapi dituntut keistiqomahannya juga lhoo.hehe

5. Diulang-Ulang
Naah biar mudah di save di otak kita coba baca dulu sebanyak 7 kali, lalu tutup tanpa melihat teks/bacaan lalu dihafal sebanyak 7 kali pula, kalau belum cukup terus ulang sampai benar-benar hafal. Nah kalau sudah hafal jangan lupa hari berikutnya kita ulang kembali, biar lebih mantap kita pakai disetiap bacaan sholat.

6. Listening Al-Quran Digital
Di zaman moderen ciber ini kita manfaatkan media elektronik untuk membantu hafalan Quran kita, sekarang sudah banyak beredar Quran digital nah itu lebih efektif dan fleksibel untuk membantu hafalan Quran kita, kalau kita sering mendengarkan tilawah Quran insya Allah hafalan kita akan semakin cepat, daripada listening yang engga-engga kan?

7. Setoran Hafalan
Unik juga seperti nyetor utang aza.... setoran disini setiap habis menghafal kita coba setorkan hafalan kita baik itu melalui guru pembimbing kita, teman kita, orang tua dan yang lainnya. Jika hal ini dilakukan dengan berkala maka hafalan kita akan terus meningkat, selain itu manfaat lainnya kita dapat dikoreksi terhadap bacaan-bacaan kita. Lumayan kan..??

8. Baca Dengan Artinya
Terkadang kunci pemahaman suatu ilmu itu perlu difahami dengan dalam, nah jika kawan-kawan sulit menghafal kadang perlu difahami terlebih dahulu melalui artinya, terlebih dahulu kita baca ayatnya lalu kita baca artinya, cukup lama cuma nanti akan menghasilkan manfaat yang maksimal, karena pemahaman akan menjadi dasar untuk menghafal.

9. Tambah Waktu Hafalan
Jika waktu hafalan kita kurang maka tidak ada salahnya jika menambah selagi kita sempat, cuma kuncinya kita harus pandai memanfaatkan waktu untuk menyempatkan hafalan Al-Quran, maka dari itu kita harus ingat pada targetan awal kita.

10. Mengamalkannya                                                          
Rasulullah SAW bersabda,"Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya" (HR. Bukhari dan Muslim). Nah makannya jika hafalan kita ingin awet maka kita harus senan tiasa mengamalkannya, caranya..?? ya selain kita terus menggunakannya diwaktu shalat kita harus mampu mengajarkannya kepada orang lain agar pahala yang kita ajarkan terus menerus bertambah kepada kita. Selain itu  jauhkan diri kita dari segala perbuatan maksiat yang dapat membutakan mata hati kita, karena itu akan berpengaruh pula terhadap hafalan kita.

Nah kawan-kawan Ikhwan wal Akhwat Fillah semoga tips ini bida bermanfaat untuk kita semua amin ya Rabbal 'alamin,,, selamat mencoba...!! Wallahu'alam...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar